6 Pekerjaan Sampingan Bagi Mereka yang Suka Menulis

Apakah Anda membutuhkan penghasilan tambahan atau Anda mulai bosan dengan pekerjaan rutin Anda? Jika Anda menjawab ya, mungkin sudah saatnya Anda mengambil pekerjaan sampingan yang bisa Anda lakukan bersamaan dengan pekerjaan tetap Anda.

Ada banyak kesempatan bagi Anda yang ingin bekerja dari rumah. Salah satunya adalah dengan menulis dari rumah Anda tanpa meninggalkan pekerjaan tetap Anda. Jika Anda memutuskan untuk berhenti bekerja dan memilih lebih banyak bekerja dari rumah, Anda tidak perlu khawatir dengan pendapatan Anda yang menurun. Namun, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki link yang cukup untuk melakukan kemitraan dan mendapatkan proyek penulisan rutin.

Berikut 6 pekerjaan sampingan yang bisa Anda lakukan dari rumah:

  1. Pengeditan salinan

Editor dibutuhkan oleh banyak penerbit, media, atau perusahaan yang memiliki divisi penerbitan internal. Kebutuhan akan editor sebagai freelance terbuka untuk semua orang secara luas. Anda tinggal membawa bahan tertulis yang harus Anda edit ke rumah Anda dan kemudian menentukan tenggat waktu yang Anda tangani. Akhirnya, Anda dapat mengatur waktu kerja Anda dengan bebas selama pekerjaan Anda memenuhi target Anda.

  1. Menulis hantu

Banyak profesional memiliki pengetahuan khusus, tetapi mereka tidak memiliki kemampuan menulis. Maka, mereka membutuhkan seorang penulis buku untuk mengungkapkan pemikirannya ke dalam kata-kata tertulis. Akan tetapi penulis tidak dapat menyebutkan namanya sebagai penulis buku tersebut karena ide dan konsep buku tersebut bukanlah miliknya. Dalam hal ini penulis buku ini disebut ghost writer.

Pekerjaan penulis termasuk melakukan penelitian dan wawancara, dan menulis berdasarkan pesanan profesional. Memang, proyek ini tidak dapat membuat Anda populer, tetapi ini adalah cara yang baik untuk menjaga hubungan Anda dan mengasah keterampilan menulis Anda. Selain itu, Anda dapat mempertimbangkan pekerjaan ini untuk menambah portofolio Anda.

  1. Copy-menulis

Bentuk penulisan ini dapat berupa penulisan laporan tahunan atau penulisan produk dan jasa. Tim kreatif dari biro iklan biasanya mempekerjakan seorang copywriter untuk membuat iklan yang menarik. Meskipun semua pekerjaan menulis menuntut kreativitas, pekerjaan semacam ini membutuhkan keterampilan khusus.

  1. Penulisan buku

Jenis tulisan ini berasal dari ide dan keterampilan Anda. Itu berarti Anda menjual ide Anda ke penerbit. Anda juga dapat menerima pesanan dari penerbit, seperti buku bisnis, interior, keuangan, dan banyak lagi. Jadi, dalam pekerjaan ini Anda tidak harus memiliki keahlian khusus secara profesional. Anda bisa melakukan wawancara dengan seorang profesional dan kemudian membuatnya menjadi sebuah buku.

  1. Menulis artikel untuk majalah

Jenis pekerjaan ini seperti pekerjaan sebelumnya, namun medianya berbeda. Editor biasanya menanyakan kepada Anda apa yang harus Anda tulis berdasarkan tema majalah setiap periode. Jika Anda memiliki stok tulisan yang menarik seperti cerpen atau catatan perjalanan, Anda bisa menawarkannya ke media.

  1. Penyedia konten halaman web

Penulis konten situs web juga membutuhkan keahlian khusus dalam menulis. Anda dapat menghasilkan uang melalui cara ini. Bahkan, media elektronik menjadi pilihan yang menguntungkan ketika kondisi percetakan terpuruk akibat mahalnya harga kertas.